Selasa, 06 Agustus 2019

Published Agustus 06, 2019 by with 0 comment

profesi dan pengaruh teknologi


A. Pengertian Pekerjaan dan Profesi

Pekerjaan dapat dilihat dari dua jenis; yaitu pekerjaan yang menghasilan produk berupa barang, dan pekerjaan yang menghasilkan produk berupa jasa. Contoh pekerjaan yang menghasilkan produk barang seperti orang yang bekerja di pabrik mobil, bekerja di pabrik TV, bekerja di pabrik makanan. Contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa antara lain guru, dokter, jaksa, hakim, pedagang, tukang cukur, tukang jahit, montir mobil/ motor dan lain-lain.

Contoh-contoh yang disebutkan, itu baru sebagian kecil saja dari jenis pekerjaan yang dapat diamati, sebab banyak sekali jenis pekerjaan yang ada. Anda pasti tahu bahwa pada sektor perhubungan banyak diperlukan tenaga kerja antara lain sebagai sopir, masinis, nahkoda dan lain lain yang berperan penting bagi kelancaran angkutan baik barang, hewan maupun manusia.

Apa bedanyan pekerjaan dengan profesi. Pengertian pekerja/karyawan biasa dengan pekerja profesi dapat dijelaskan melalui ilustrasi berikut ini. Bila seseorang profesinya sebagai Guru atau Dosen maka sudah barang tentu orang tersebut bekerja di sektor pendidikan. Tetapi adapula orang yang bekerja di sektor pendidikan tetapi pekerjaannya bukan sebagai guru atau dosen melainkan sebagai tata usaha atau bagian administrasi. 

Pekerjaan sebagai guru atau dosen harus mempunyai persyaratan kewenangan, sehingga tidak dibenarkan untuk menjadi guru apabila belum memiliki kualifikasi sebagai guru. Hakim, jaksa merupakan profesi di bidang/sektor hukum, sehingga untuk pelaksanaan sidang harus dilaksanakan oleh orang yang telah diberi kewenangan sebagai hakim atau jaksa, tetapi di lingkungan ini ada pula yang tugasnya di bagian tata usaha/administrasi sehingga orang tersebut sering disebut sebagai karyawan Kehakiman atau Kejaksaan.

Dari uraian di atas nampak jelas bahwa sebenarnya ada perbedaan antara pekerja dengan profesi. Seseorang dikatakan berprofesi, apabila ia mempunyai kecakapan khusus untuk menangani suatu bidang keahlian dan tidak boleh pekerjaan itu dilakukan oleh orang yang belum diberi kewenangan. Bidang pekerjaan yang dapat dilakukan oleh siapapun dan tidak memerlukan keahlian khusus tidak dapat disebut sebagai profesi tetapi sebagai pekerja biasa atau buruh. 

Syarat khusus pekerja profesi yaitu :

1. Menguasai kecakapan khusus serta terampil dalam melakukan pekerjaannya.
2. Mempunyai kewenangan.
3. Terikat ketentuan-ketentuan norma, hukum dalam masya-rakat, lembaga, dan negara
4. Mengikuti pendidikan dan pelatihan profesi

Jadi yang dimaksud dengan profesi adalah jenis pekerjaan yang dikerjakan atau dmiliki seseorang dengan kecakapan khusus sesuai bidang pekerjaan dan pendidikannya.

B. Peran Teknologi

Peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah, dan mempercepat pekerjaan-pekerjaan manusia. Teknologi sendiri saat ini telah menjadi suatu trend, style, dan gaya hidup bagi kita. Bahkan teknologi saat ini telah menjadi suatu kebutuhan bagi manusia. Hal ini bisa di lihat dari orang-orang di sekitar kita dalam kehidupan mereka sehari-hari yang selalu memanfaatkan teknologi untuk segala kepentingan-kepentingan dan kebutuhan-kebutuhan mereka dengan tujuan untuk membantu, mempermudah , dan mempercepat itu semua, bahkan kita sendiri pun demikian. 

Jadi, peran teknologi dalam kehidupan manusia saat ini telah menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting. Banyak sekali manfaat dari teknologi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifi tas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya.

Selain berdampak positif teknologi bila digunakan dengan tidak benar akan menyebabkan berdampak positif seperti banyak konten informasi yang menyesatkan atau konten-konten yang menurunkan tingkat moral. Perkembangan teknologi juga dapat menyebabkan hilangnya suatu profesi dan memunculkan profesi baru. Sebagai contoh pada bidang transportasi pekerjaan tukang becak tergerus dengan adanya perkembangan teknologi dengan munculnya angkutan kota, bus, sepeda motor, taksi munculnya moda transportasi menyebabkan munculnya pekerjaan baru. Pada saat sekarang muncul angkutan berbasis online seperti gojek, grab. Pada bidang logistik pengiriman surat sudah dapat digantikan dengan email, tukang parker digantikan oleh mesin parker begitu juga penjaga tiket jalan
toll digantikan dengan mesin otomatis. perkembangan menyebabkan ancaman hilangnnya profesi tertentu.

Selain menghilangkan sebagian profesi, perkembangan teknologi juga dapat memunculkan profesi baru misalnya Inovasi teknologi seperti televisi, video, komputer dan lain-lain akan membuka lapangan kerja seperti : penyiar, presenter, cameraman, de-sainer, pengisi acara, artis, pemusik, rekaman melalui tayangan fi lm, industri rekaman dan lain sebagai-nya. Disisi lain akan berdampak pada berkurangnya minat orang untuk nonton film bioskop maupun menghadiri pertunjukan langsung di panggung kesenian.


APRESIASI
  1. pilih "APRESIASI" untuk mengisi absensi 
  2. apresiasi yang tidak sesuai dengan perintah tidak dihitung sebagai absensi
      edit

0 komentar:

Posting Komentar