Minggu, 06 Oktober 2019

Published Oktober 06, 2019 by with 0 comment

prinsip-prinsip sistem teknik

Sistem berasal dari bahasa Latin systema, bahasa Yunani sustema yang artinya

satu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi, atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Sistem bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pendayagunaan berpikir sistem untuk pemecahan masalah.

Sistem merupakan keterpaduan antar elemen sistem yang saling berinteraksi, sinergi dan kolaborasi untuk suatu tujuan tertentu, dengan proses mekanisme input-proses-output dengan target produk dan waktu pencapaian tertentu. 
Mekanisme kontrol yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi secara kontinyu, bersifat terbuka dan mempunyai batasan-batasant ertentu yang berada pada lingkungan tertentu.

Aktuator tenaga hidraulik terdapat pada alat dongkrak digunakan untuk mengatasi permasalahan mengangkat beban yang cukup berat.
Sistem terdiri dari inti sistem dan lingkungan sistem. Lingkungan sistem melingkupi elemen-elemen sistem sebagai tempat berkembangnya sistem. Lingkungan sistem memiliki tiga sumber yaitu informasi, energi dan materi. Inti sistem memiliki pengaruh yang kuat terhadap sistem yang bersangkutan.
Sistem teknik merupakan perancangan atau pengembangan suatu sistem yang lebih baik melalui sistem mekanis atau sistem pada manusia dengan mesin. Sistem teknik mengembangkan keterpaduan antar elemen yang saling berinteraksi, bersinergi dan berkolaborasi.
Sistem teknik secara sederhana dapat ditunjukkan seperti pada Gambar di bawah
Sistem teknik dasar pada gerak engkol yang saling berinteraksi satu dengan yang lain.
Sistem teknik sering kita jumpai pada berbagai sektor dalam kehidupan sehari-hari. Ciri-ciri yang terdapat pada sistem diantaranya terdapat kumpulan elemen, adanya interaksi antar elemen, terdapat mekanisme umpan balik, dan tujuan bersama
Perancangan atau pengembangan suatu sistem teknik melalui sistem mekanis atau sistem pada manusia dengan mesin supaya dapat dicapai tujuan yang lebih baik. Sistem teknik mengembangkan keterpaduan antar elemen yang saling berinteraksi, bersinergi dan berkolaborasi dapat diilustrasikan pada produk elektronika.
Produk elektronika dengan sistem teknik kendali otomatis dapat dimaknai sesuatu yang bekerja sesuai dengan keinginan pengguna. Produk otomatis ini sudah banyak kita jumpai di pasar baik yang sederhana maupun yang sudah kompleks. Contoh sederhana yang sering kita jumpai adalah rice cooker. Kemudahan, kesederhanaan dan manfaat yang nyata dan keuntungan dari sistem teknik secara otomatis ini dapat meningkatkan keefektifan kerja sehingga pengguna dapat melakukan aktifitas yang lainnya.
Oke para warga sampai disini ada yang pingin coba buat sesuatu, misal saja gerandong dengan tenaga matahari (sehingga kita tidak perlu bawa desel) atau alat penyiang yang pake remot (biar bisa kerja sambil bermain)
APRESIASI
  • pilih/klik "apresiasi" untuk mengisi daftar hadir daring
  • jawaban yang tidak berkaitan dengan materi tidak dihitung sebagai apresiasi dan juga tidak di hitung sebagai absensi
      edit

0 komentar:

Posting Komentar